OPINION: SHINGEKI NO KYOJIN [ATTACK ON TITAN] LIVE ACTION MOVIE PART 1

Well, postingan kali ini bakalan bahas live action movie yang diambil dari manga karangan Hajime Ishayama dengan judul yang sama. Postingan ini bakalan lebih banyak memuat opini saya (look at the title hehe) tentang gimana pandangan saya setelah menonton film ini secara keseluruhan. SPOILER ALERT!!! Buat yang belum nonton dan nggak pengen kehilangan rasa penasarannya, mendingan baca postingan saya ini setelah kalian nonton filmnya aja deh hehehehe. Oke mari kita simak opini saya tentang film yang disutradarai sama Shinji Higuchi ini.

1. Bagi kalian yang udah akrab banget sama SnK baik melalui anime atau manga-nya pasti bakalan ngerasa aneh dengan jalan cerita yang dimuat di film ini. Karena saya ngerasa gitu. Jalan cerita yang sebagian besar diubah untuk menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada, bikin film ini sedikit kehilangan vibesnya. Why? Karena sejatinya saya menyukai saduran yang bersifat original. Pertanyaan saya saat menonton awal dari film ini adalah: Kenapa Mikasa harus dipisah dari Armin dan Eren? Kenapa Mikasa mendadak jadi kapten? Dan beberapa pertanyaan yang muncul akibat perbedaan cerita yang menurut saya menghilangkan keorisinilan plot SnK itu sendiri. Penambahan beberapa karakter yang bersifat cameo pun agak mengganggu. Beberapa kritikus film memang benar bahwa Eren yang diperankan Haruma Miura dan Mikasa yang diperankan Kiko di live action ini amat bertentangan karakternya dengan Eren dan Mikasa di manga atau anime originalnya. Poin pertama ini intinya menjelaskan bahwa saya kurang setuju dengan background yang dijadikan sebagai akar dari plot itu sendiri. Perubahan jalan cerita yang dilakukan bikin film ini jadi agak weird dan saya hanya bisa menahan senyum nggak ikhlas sepanjang film hehehehehe

2. Keputusan untuk meniadakan karakter Levi Ackerman di film ini juga bikin saya sedih lho. Ya saya memang suka dengan kapten gila kebersihan satu itu, tapi bukan hanya itu yang membuat saya kecewa. Karakter Kapten Shikishima yang diceritakan disini sebagai kapten untuk regu Recon Corps, yang dikatakan memiliki sifat-sifat Levi Ackerman, tidak sepenuhnya membuat saya senang. Shikishima bukan Levi dan begitu juga sebaliknya. Boleh dibilang, apabila memang Shikishima digambarkan sebagai Levi versi Jepang, ia tidak berhasil.

3. Awalnya saya berpikir bahwa film ini akan menjadi 1 part, ternyata terbagi menjadi 2 part. Yang saya herankan kenapa untuk part 1 tidak dibuat saja seperti Attack on Titan Movie 1: Guren no Yumiya yang mengcover 13 episode anime mereka. Entah apa yang menjadi pertimbangan sang director. Yang saya tahu baru di part 2 nanti yang rilis pada pertengahan September 2015, Eren dihakimi di pengadilan tinggi mengenai statusnya sebagai titan-shifter. Mungkin ini hanya keinginan saya saja tapi apakah tidak lebih bagus kalau di part 1 mereka bisa membuat ceritanya berakhir sama dengan ending Guren no Yumiya? Dimana Eren dalam wujud titan berhasil menutup dinding Distrik Trost 🙂 Tapi mari kita lihat saja bagaimana part 2 live action ini berjalan.

4. Hubungan Mikasa x Eren di dalam live action terlihat jauh lebih intim. Padahal di anime atau manga-nya, mereka lebih menunjukkan sifat sebagai keluarga meskipun Mikasa hanyalah saudara angkat. Yeah biarpun Mikasa sejatinya mengalami one sided love dengan Eren hehehe. Sudah dijelaskan memang apabila di live action hubungan mereka adalah “more love interest” dan apabila dilihat di trailernya ada scene dimana Eren mencium Mikasa. Saya jadi berpikir bahwa itu hanyalah gimmick yang ingin diberikan kepada penonton. Tapi menurut saya, hal itu malah membuat ekspektasi kita yang kuat terhadap film ini makin memudar.

5. Overall, akting Miura, Kiko dan Kanata sebagai main protagonist di film ini masih cukup menghibur. Saya akan memberikan 8/10 untuk akting mereka. Tapi untuk jalan cerita dan karakter yang ada di dalamnya, saya hanya bisa memberikan 5/10 🙂 untuk part 1 ini memang masih belum terlalu sesuai ekspektasi tapi siapa tahu di part 2-nya bisa lebih baik lagi. Kita tunggu kejutan lain di part 2 film ini. Oiya, saya merasa bahwa Satomi Isihara cukup berhasil memerankan Hanji Zoe si titan-freak haha 😀

6. Spoiler:

  • Mikasa, Eren dan Armin tidak bersama-sama memasuki trainee corps 
  • Eren bertemu dengan gadis bernama Hiana yang menaruh hati padanya
  • Shikishima menggoda Mikasa (urrghh)
  • Nama distrik di live action ini juga berbeda dengan aslinya 🙂
  • Eren……..dia masuk trainee corps untuk membalaskan dendam atas kematian ibunya
  • ENOUGH. GUE OGAH DIBASH GARA-GARA BANYAK SPOILER HAHAHAHA 

SELAMAT MENONTON YAAAA 🙂 JANGAN RAGU UNTUK KASIH REVIEW! TUNGGU SEPTEMBER BUAT ATTACK ON TITAN LIVE ACTION MOVIE PART 2: END OF THE WORLD :)))

Cr pic: orig14@deviantart 

Leave a Reply

